Wisata Alam Air Terjun Putuk Truno


Kawasan Tretes-Prigen Kabupaten Pasuruan, merupakan daerah pegunungan, yang menyimpan banyak potensi pariwisata alam. Wanawisata air terjun merupakan salah satu daya tarik, bagi para turis penggemar wisata alam dan petualangan. 


Air terjun Putuk Truno merupakan salah satu obyek wisata alam di Pasuruan yang wajib anda kunjungi ketika berlibur di Pasuruan. Lokasinya cukup mudah dikunjungi, karena medan yang tidak terlalu sulit bagi para pengunjung. Terletak di jalan Putuk Truno, Prigen – Pasuruan. Aksesnya bisa dijangkau kurang lebih 15 menit dari pusat kota Pandaan.


Akses jalan menuju air terjun, terbuat dari campuran semen selebar 1,5 meter, dengan kontur naik turun yang tidak terlalu ekstrim, cukup menyenangkan bagi para penggemar wisata alam. Pemandangan alami disepanjang jalan, tebing disebelah kanan, sementara jurang dan lebatnya semak disebelah kiri. Serta segarnya udara pegunungan, membuat pengunjung bisa sempurna menikmati perjalanan.


Kurang dari 20 menit berjalan santai, jarak sekitar 300 meter dari pintu masuk sudah lunas ditempuh. Pengunjung akan disambut dengan sebuah tampilan luar biasa dari Air Terjun setinggi 45 meter. Dasar air terjunnya membentuk lingkaran yang dipenuhi batu-batu besar. Letaknya tidak jauh dari air terjun Kakek Bodo hanya berjarak sekitar 400 meter. Selain melihat keindahan air terjun, anda akan disuguhi pemandangan alam sekitar yang masih alami dengan tebing-tebing menjulang tinggi. Air terjun ini terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah, kerena letak nya yang tidak jauh dari jalan raya. Selain itu, kondisi jalan juga mulus, yang mana sudah menggunakan aspal hot-mixed. Air terjun Putuk Truno juga dikenal memiliki air yang segar dan jernih sehingga batu-batuan yang terdapat di dalam air bisa terlihat dengan jelas.


Akses menuju air terjun Putuk Truno terbilang mudah karena jalannya yang sudah beraspal baik. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan jalan raya juga membuatnya mudah ditempuh. Untuk rute perjalanannya yaitu dari Pasuruan Kota menuju Kecamatan Prigen tepatnya menuju Polsek Prigen. Setelah sampai di Polsek Prigen akan ada pertigaan dan pilih jalur kiri yang mengarah ke lokasi air terjun. Sekitar 200 meter akan ada papan nama air terjun Putuk Truno dan tiba di lokasi.


Jika dari Surabaya rutenya yaitu : Surabaya - Sidoarjo - Porong - Gempol - Prigen - Air Terjun Putuk Truno
jika dari Pasuruan kota: Pasuruan Kota => Kecamatan Prigen => Polsek Prigen => Air Terjun Putuk Truno


Dari pintu masuk utama, kita harus menuruni jalan setapak kurang lebih 300 m untuk mencapai air terjun ini. Di beberapa tempat, Anda akan melihat peringatan untuk berhati-hati karena daerah tersebut rawan longsor. Sisi kanan kita adalah tebing, sementara di samping kiri kita sungai yang tertutupi oleh rimbunnya pepohonan. Di atas tebing sebelah kiri, kita dapat melihat vihara yang persis dibangun di pinggir tebing.


Air terjun Putuk Truno menyediakan tempat duduk, sehingga yang tidak mau berbasah-basah ria bisa melihat indahnya percikan air terjun dari atas, dan pemandangan alam sekitar, sambil makan bekal makanan yang Anda bawa dari rumah. Tapi bila Anda mau berbasah ria, ada tangga yang bisa Anda turuni sampai ke air terjun


Lokasi Air Terjun Putuk Truno menyediakan beberapa fasilitas penunjang yang dapat di gunakan oleh pengunjung. Fasilitas fasilitas tersebut antara lain kamar mandi, taman, tempat berteduh, bangku, dan warung. Setelah puas bermain di air terjun, wisatawan dapat membilas badan nya di kamar mandi yang telah disediakan. Selain itu, wisatawan juga dapat bersantai di warung warung yang menyediakan berbagai jajanan khas Pasuruan sambil memanjakan mata dengan menikmati panorama alam yang menyegarkan.


Jika anda beruntung, anda akan dapat melihat pelangi melalui selang air yang bocor tepat di tangga turunan. Air yang menyembur dari selang jika terkena sorotan sinar matahari akan menghasilkan kilauan pelangi.


Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno
Ketika berkunjung ke tempat ini, wisatawan wajib memesan tiket terlebih dahulu. Kabar baik nya, Harga tiket di wisata ini cukup murah. Berikut ini biaya biaya yang harus di keluarkan ketika berkunjung ke wisata ini;
Tiket Masuk Orang Dewasa/Usia diatas 10 thn. : Rp. 10.000
Tiket Masuk anak anak (dibawah usia 10 thn.) : Gratis
Biaya Parkir Sepeda Motor : Rp. 2.000
Biaya Parkit Mobil : Rp. 5.000

Mitos / Misteri Air Terjun Putuk Truno
Banyak beredar mitos tentang air terjun tersebut. Salah satunya yaitu, barang siapa yang berkunjung dan berendam di bawah debur air terjun ini, akan mendapatkan berkah berupa keabadian cinta. Dengan kata lain, seseorang yang berkunjung ke air terjun ini, hubungannya dengan pasangan nya akan awet/langgeng.
Sumber Artikel: 
http://www.tabloidwisata.com/air-terjun-putuk-truno-prigen-pasuruan/
http://www.pasuruantourism.com/2011/05/air-terjun-putuk-truno.html
http://berlibur-yuk.blogspot.co.id/2010/08/sejuknya-air-terjun-putuk-truno.html
http://tempatwisatajos.blogspot.co.id/2016/09/wisata-air-terjun-putuk-truno-prigen.html

Tags: #Air_terjun_putuk_truno_trawas_prigen_pasuruan