Wisata Alam Air terjun Dlundung - Trawas - Mojokerto

Halo Sobat Ngetrip? Kalian suka wisata alam yang menyegarkan? Di Mojokertolah tempatnya. Mojokerto adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat menakjubkan. Begitu banyak tempat di Mojokerto yang bisa Anda kunjungi bila datang ke sini. Selain reruntuhan bangunan kuno dan candi yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, di Mojokerto juga terdapat tempat wisata yang wajib Anda kunjungi yaitu Air Terjun Dlundung. Seperti tempat wisata lain, Air Terjun Dlundung juga memiliki keindahan yang bisa membuat Anda terpukau sehingga cocok untuk lokasi pengambilan foto.


Lokasi Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung terletak di kawasan hutan lindung dengan luas sekitar 1600 hektar. Luas kawasan Air Terjun Dlundung 4,5 hektar dengan ketinggian 760 meter dari permukaan laut. Ketinggian terjunan Air Terjun Dlundung sekitar 50-60 meter dengan sumber air dari pegunungan Welirang. Terjunan airnya tidak terlalu deras karena setengah dari air yang jatuh masih menyentuh tebing yang berundak, dan sisanya terjun ke bawah.

Wisata air terjun tersebut terletak di Dusun Ketapan Rame, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke air terjun ini Anda tidak perlu khawatir, karena jalan yang mudah diakses. Jika Anda berangkat dari Sidoarjo melewati Pandaan, masuk ke jalan raya Trawas dan berbelok kearah Dlundung dengan menempuh 45 menit perjalanan. Ada papan nama besar yang menunjukkan lokasi Air Terjun Dlundung, jarak tempuh menuju pintu gerbang lokasi sekitar 2 kilometer dengan kondisi jalan yang menanjak.
Kendaraan umum yang menuju kawasan ini sangat terbatas. Bila ada, tarifnya juga cukup mahal. Ada dua pilihan menuju Air Terjun Dlundung yaitu dari terminal Pandaan Anda bisa menggunakan minibus atau ojek jurusan Trawas.
Jika masih bingung, Lokasi Air Terjun Dlundung berada di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, sekitar 40 km arah selatan dari kota Mojoketo. Rute mudahnya jika dari surabaya mengikuti arah jalur jalan raya ke Malang, di perempatan Pandaan dekat Masjid Mohammad Chengho belok kanan ke arah Trawas/Pacet dan ikuti petunjuk yang ada. Dari Pandaan sekitar 15 km lagi ke lokasi Air Terjun Dlundung.
Jalan Menuju air terjun Dlundung sudah bagus, hanya di beberapa tempat melewati jalan berkelok dan menanjak. Sedangkan sekitar 2 km menjelang lokasi jalannya lumayan sempit, jadi cukup sulit saat berpapasan sesama mobil, mesti pelan dan sedikit minggir. Sampai dilokasi kawasan air terjun, kendaraan bisa diparkir tidak jauh dari air terjun, kira-kira 100 meter saja. Jadi tidak perlu capek berjalan untuk mencapainya.
Jalan Menuju Air Terjun Dlundung antara Trawas - Mojosari


Loket Pintu Masuk Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung terletak di kawasan hutan lindung milik Perhutani, dengan luas kawasan air terjun sekitar 4,5 ha. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 55 meter, dengan debit air yang tidak begitu besar. Sumber airnya berasal dari mata air lereng pegunungan Welirang. Sehingga air yang jatuh dari ketinggian itu sangat jernih dan segar.


Jika sobat Ngetrip ingin mendapatkan panorama air terjun yang eksotik datanglah sekitar pukul 9-10 pagi, karena akan terlihat pelangi hasil dari pembiasan cahaya matahari dan percikan air terjun.

Pelangi di Air Terjun Dlundung


Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung


Air terjun Dlundung sendiri menawarkan wisata dengan konsep wanawisata, dimana tidak hanya air terjun saja yang bisa dinikmati pengunjung. Di kawasan wisata ini juga disediakan bumi perkemahan atau camping ground. Camping ground dibagi dalam beberapa petak dengan fasilitas pendukung seperti WC, Musholah dan kamar mandi. Disediakan juga fasilitas outbond dan flying fox.

Disekitar area camping ground banyak terdapat warung-warung makan siap melayani pengunjung yang tidak membawa bekal. Harga perporsinya juga murah antara 8.000,- hingga 15.000,- tergantung variasi menu yang dipilih.

Harga tiket masuk ke air terjun Dlundung Rp.10.200,- sudah termasuk asuransi, sedangkan biaya untuk masuk Bumi perkemahan Dlundung adalah sebesar 5.000 per orang di tambah biaya parkir Rp. 2.000 untuk roda dua, dan Rp. 5.000 untuk roda empat atau mobil keluarga. 

Demikian sedikit informasi tentang tempat wisata Air Terjun Dlundung, semoga informasi di atas dapat memberi referensi bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut. Selamat menikmati liburan Anda bersama orang-orang tercinta, dan semoga liburan Anda menyenangkan.
Harga tahun 2016

Sumber artikel: 
http://jalankemana.com/keindahan-alam-air-terjun-dlundung-trawas-mojokerto-jatim/
http://wongcrewchild.blogspot.co.id/2016/03/air-terjun-dlundung-trawas-mojokerto.html

Tags: #air_terjun #wisata_alam_mojokerto #air_terjun_dlundung #dlundung #harga_tiket_masuk_air_terjun_dlundung #harga_tiket_dlundung #lokasi_air_terjun_dlundung #lokasi_dlundung 
First