Danau Sumber Sirah, Ngetrip Murah di Malang yang lagi Booming


Kabupaten Malang tidak pernah kehabisan stok wisata alamnya yang indah karena memang Malang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik dan keren yang sudah populer di indonesia, tapi apa kamu tahu tentang wisata satu ini? Danau Sumber Sirah yang letaknya di Malang Selatan? sebuah nama yang mungkin terdengar asing di telinga kita, terletak di desa sumber jaya kecamatan gondanglegi kabupaten malang.


Pemandangan bawah air Danau Sumber Sirah sangat indah dan keren, bila kita snorkeling di pantai bisa melihat pemandangan ikan laut dan terumbu karang yang cantik, maka di Sumber Sirah kita bisa melihat tanaman air tawar dan ikan tawar yang berenang kesana kemari. Dikarenakan jernihnya air di Sumber Sirah ini, ketika kita masih di permukaan tumbuhan-tumbuhan ganggang kecil dan ikan ikan kecil terlihat sangat jelas dari permukaan. Karena kejernihan airnya sehingga refleksi diatas air tidak terlihat. Daya tarik dari Sumber Sirah sendiri adalah selain airnya yang jernih, pemandangan didalamnya juga sangat mempesona, yaitu tanaman rerumputan ganggang air tawar sejenis Hydrilla yang tumbuh subur, bahkan saking jenrihnya air di danau ini kita bisa melihat tanaman tersebut dari atas.


Kedalaman hanya berkisar antara 80 cm sampai 1,5 meter. Kita bisa sepuasnya bermain, berenang dan menyelam di Sumber Sirah. Namun sobat Ngetrip tidak disarankan untuk melompat dari atas karena terlalu dangkal sehingga berbahaya.



Danau Sumber Sirah masih sangat alami dan banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang sehingga menjadikan pemandangan semakin asri dan damai. Lokasi ini sangat cocok untuk bersantai menikmati keindahan alam. Namun untuk berlibur di Sumber Sirah, sobat Ngetrip harus tetap berhati-hati, jangan sampai tanaman di bawah air rusak karena gerakan kita yang terlalu berlebihan, Oleh karena itu alangkah lebih baik jika kita berenang menggunakan ban saja, Sobat Ngetrip bisa menyewa ban dengan harga sekitar Rp. 5.000.



Karena Sumber Sirah ini masih sangat alami dan awalnya bukan tempat wisata, fasilitas di sini tidak terlalu lengkap, ditambah lagi tidak adanya tranpsortasi umum menuju ke lokasi. Jadi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di tempat Sumber Sirah. Disana tidak ada fasilitas umum seperti toilet ataupun tempat ganti. Disana hanya ada orang yang berjualan minuman dan penyewaan ban saja. Tidak dikenakan biaya sepersen pun untuk berenang di sumber sirah ini , namun jika menyewa ban kita akan ditarik dengan harga 2000 untuk anak-anak dan 3000 untuk orang dewasa. Ya maklum karena lokasi nya pun di pedesaan, yang mungkin awalnya dianggap biasa saja untuk warga sekitar yang biasanya digunakan untuk pengairan dan untuk tempat mandi warga sekitar.Namun jika dikelola sangat baik sangat memungkinkan untuk dijadikan tujuan wisata yang cukup memukau.



Untuk perjalanan menuju Sumber Sirah, disarankan cukup menggunakan kendaraan roda dua saja untuk bisa langsung menuju lokasi, namun jika menggunakan mobil kalian bisa parkir di rumah warga, kurang lebih sekitar 200 meter sebelum lokasi Sumber Sirah. Di musim hujan jalanan menuju Sumber Sirah sangat licin karena jalanan bercampur lumpur dan paving jalan yang sudah berlumut. Jadi SObat Ngetrip harus tetap berhati-hari ya.



*Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Sumber Artikel : 
http://www.brobali.com/2016/03/sumber-sirah-spot-snorkeling-air-tawar.html
http://theexploreindonesia.com/informasi/wisata/explore-jawa-timur/mengintip-sisi-lain-sumber-sirah-gondanglegi/
http://www.anekawisata.com/tempat-wisata-di-malang-terbaru-yang-bagus-dan-hits.html

Tags: #wisata_malang #sumber_mata_air #Sumber_sirah #danau_malang #danau_sumber_sirah #sumber_sirah