Wisata Gunung Bromo (Harga dan Rutenya)



Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif dan mempunyai hamparan pasir yang sangat luas, tepatnya berada di Jawa Timur yang meliputi kabupaten ProbolinggoPasuruanLumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo ini mempunyai ciri khas tersendiri untuk para pelancong yang ingin mendatangi tempat ini. Di Gunung ini, para pelancong dapat menikmati sunrise dan sunset yang sangat indah.



Harga Tiket Masuk, Sewa Jeep, Sewa Kuda dan Biaya Penginapan 
Untuk tiket masuk ke Gunung Bromo di kenakan biaya Rp.32.500,-/orang (termasuk asuransi). Di daerah wisata Gunung Bromo ini banyak terdapat penginapan rumah warga atau hotel dengan biaya dari Rp. 100.000,-/malam sampai Rp. 500.000,-/malam. Untuk penyewaan Jeep di kenakan biaya Rp. 550.000,-/Jeep dengan kuota 8 - 10 orang. Untuk penyewaan kuda jika malas untuk berjalan dikenakakan biaya Rp. 50.000,-/orang.

Estimasi Biaya di Gunung Bromo
Berikut ini estimasi biaya yang kami keluarkan untuk Wisata Gunung Bromo. Biaya ini masih sangat relatif tergantung dari mana perjalanan kita mulai :
  • Transportasi Bis : Rp. 320.000,-/orang
  • Mobil Elf : Rp. 50.000,-/orang
  • Tiket Masuk : Rp. 32.500,-/orang
  • Penginapan : Rp 100.000,-/malam (di bagi sesuai tim)
  • Sewa Jeep : Rp. 550.000,-/jeep (di bagi sesuai tim)
  • Sewa Kuda ; Rp. 50.000,-/orang
Untuk yang ingin menggunakan jasa trip murah bromo, kamu bisa menghubungi www.kambinggunung.com . Explore bromo start from IDR 299K
Spot Wisata Gunung Bromo
Kawah Gunung Bromo



Untuk dapat mencapai ke kawah gunung bromo kita harus berjalan kaki kurang lebih 1,5 km untuk mencapai anak tangga yang berjumlah sekitar 250 anak tangga dengan trek yang berdebu tapi jika tidak ingin berjalan kaki, banyak penduduk lokal yang mengais rejeki dengan menyewakan kuda.

Bukit Teletubies



Merupakan padang savana terhampar luas yang mengelilingi kawah dari gunung bromo. Disini kita bisa menikmati pemandangan yang jarang ditemui di ibu kota dan dapat ber selfie ria bersama sahabat, rekan kerja dan sanak saudara. 

Pasir Berbisik


Merupakan hamparan pasir bekas letusan dari gunung bromo yang sangat indah nan ciamik. Berada ditengah hamparan pasir yang terdapat sebuah pure yang biasa dijadikan sebagai tempat sembahyang masyarakat suku Tengger.

Penanjakan Gunung Bromo

Penanjakan 1
Penanjakan 2



Merupakan bukit tertinggi dari kawasan gunung bromo. Terdapat 2 penanjakan di gunung bromo ini, yang paling favorit bagi para penikmat sunrise dan sunset. Bukit ini biasa dikunjungi oleh para traveller untuk menikmati sunrise dan sunset dengan menggunakan jeep.


Jalur Menuju Bromo Dari Malang – Surabaya


Untuk menuju lokasi gunung bromo banyak rute dan jalur menuju gunung bromo yang bisa di tempuh.Jika Anda dari luar daerah jawa timur bisa transit menuju bandara atau stasiun atau terminal di Surabaya atau Malang.Jika sudah tiba di kawasan surabaya atau malang dan tentukan arah dan jalur mana yang Anda ambil untuk menuju lokasi gunung bromo sebab gunung bromo berada di 4 perbatasan wilayah kabupaten di jawa timur,masing masing perbatasan ada pintu masuk menuju lokasi gunung bromo.Perbatasan wilayah di jawa timur diantaranya kabupaten malang,kabupaten pasuruan,kabupaten probolinggo dan kabupaten lumajang.

Jalur Menuju Bromo

Jika Anda belum pernah berkunjung ke bromo akan kebingungan menuju lokasi gunung bromo,untuk kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai jalur dan rute menuju gunung bromo dari surabaya dan malang.
Rute Dan Jalur Menuju Gunung Bromo Dari Surabaya
Untuk pengunjung yang merencanakan tour ke bromo dari surabaya berikut ini jalur ke bromo dari surabaya yang harus Anda tempuh.
Dari Kota Surabaya baik dari terminal/bandara maupun stasiun ada beberapa pilihan jalur yang bisa Anda gunakan.
1. Surabaya – Malang, Malang – Tumpang, Tumpang – Gubugklakah, Gubugklakah – Ngadas, Ngadas – Jemplang, Jemplang – G. Bromo
2. Surabaya – Pasuruan, Pasuruan – Warungdowo, Warungdowo – Tosari,Tosari – Wonokitri, Wonokitri – Dingklik, Dingklik – Penanjakan, Dingklik – Laut Pasir, Laut Pasir – G. Bromo
3. Surabaya – Tongas (Probolinggo), Tongas – Sukapura, Sukapura – Cemorolawang, Cemorolawang – Bromo
Rute Dan Jalur Menuju Gunung Bromo Dari Malang
Selain kota Surabaya,ada kota malang yaitu kota terbesar ke dua di kawasan Jawa Timur,Untuk ke bromo dari kota malang bisa transit menuju terminal,bandara atau stasiun.Dan berikut detail rute perjalanan dan jalur ke bromo dari malang.
1. Malang – Tumpang, Tumpang – Gubug klakah, Gubug klakah – Ngadas, Ngadas – Jemplang, Jemplang – G. Bromo
2. Malang – Pasuruan,Pasuruan – Warungdowo, Warungdowo – Tosari,Tosari – Wonokitri, Wonokitri – Dingklik, Dingklik – Penanjakan, Dingklik – Laut Pasir,  Laut Pasir – G. Bromo
3. Malang – Tongas (Probolinggo), Tongas – Sukapura, Sukapura – Cemorolawang, Cemorolawang – Bromo


Jalur Menuju Bromo Dari Malang – Surabaya

Dari beberapa ulasan diatas mengenai Rute Dan Jalur Menuju Bromo Dari Malang – Surabaya lebih mudah dan paling ramai yang diambil oleh wisatawan yang datang ke kawasan objek wisata gunung bromo yaitu jalur ke bromo dari malang dan surabaya melalui tongas probolinggo.Karena dengan jalur ini jika anda ingin bermalam di gunung bromo banyak sekali pilihan homestay,hotel dan penginapan yang tersedia selain itu persewaan jeep juga mudah di dapat di kawasan ini.Namun kami selaku tour travel ke bromo juga menawarkan program paket wisata bromo dengan fasilitas akomodasi lengkap hotel dan jeep untuk tour bromo,dengan proses mudah dan harga murah.Jika tertarik memilih paket tour ke bromo segera hubungi kami untuk info lebih lanjut mengenai detail harga dan fasilitas yang kami tawarkan.

TRANSPORTASI

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Bromo. Ini beberapa pilihannya.

1. Sepeda Motor

Buat kamu yang berbudget minim dan berasal dari Jawa Timur, sepeda motor adalah pilihan utama. Semua kawasan Bromo, mulai dari Penanjakan 1, Penanjakan 2, Kawah Bromo, Pasir berbisik, dan Savana, bisa kamu jelajahi dengan motor. Hindari menggunakan motor matic, karena jalan menuju Penanjakan 1 yang menanjak (ya iyalah) dan jalan di lautan pasir Bromo yang hampir pasti bikin selip.

Kamu bisa berangkat pukul 22.00 dari Surabaya, dengan jarak tempuh 2 sampai 3 jam menuju Bromo. Setelah itu, kamu bisa istirahat dulu di Cemoro Lawang untuk sekedar ngopi atau makan. Lebih baik kamu segera naik ke Penanjakan pada pukul 02.00 agar tidak bersinggungan dengan Jeep. Setelah pukul 02.00 Jeep Bromo akan banyak yang masuk ke kawasan, dan akan menyulitkanmu yang naik sepeda motor. Debu-debu bakalan bertebaran di lautan pasir, dan jalur menuju Penanjakan akan sangat berbahaya karena penuh dengan Jeep.

Kelebihan:
-Murah! Total biaya transport paling cuma 50.000 , plus tiket dan parkir motor total 35.000
-Fleksible

Kekurangan :
-Capek, ngantuk. Trip sunrise Bromo bakal menguras energi kamu. Saat siang kamu harus nyetri sepeda, saat malam kamu tetep harus nyetir menantang debu pasir Bromo untuk mengejar sunrise. Banyak pemotor yang tidak terbiasa begadang mengantuk di jalan. Tentu akan sangat berbahaya, karena jalur Bromo adalah jalur pegunungan yang berkelok kelok.
-Debu. Yup, Bromo penuh dengan debu vulkanik. Naik sepeda motor di Bromo, rasanya kayak menerjang badai pasir, apalagi kalau kamu pas bersaing dengan Jeep jeep Bromo.
-Motor turun mesin. Kalau motor mu punya cc besar dan kuat, tidak masalah, tapi kalau motormu cuma motor bebek atau matic, kamu harus ekstra hati hati.

2. Transportasi Umum

Ke Bromo bisa juga naik kendaraan umum loh. Simak yuk contoh rute dari Jakarta:

Pertama, kamu harus ke Surabaya atau Malang. Bisa naik kereta, atau pesawat, kereta memang lebih murah, namun kamu butuh waktu sekitar 12 jam untuk sampai di Surabaya. Pesawat mungkin adalah pilihan terbaik, hanya berjarak tempuh 1 jam 30 menit. Tiket nya pun relatif murah (dibawah 500.000), tiket Jakarta-Surabaya lebih murah daripada Jakarta-Malang, dan pilihan jadwalnya lebih banyak.

Untuk kereta, kamu bisa naik kereta Kertajaya (ekonomi) dari Stasiun Pasar Senen-Stasiun Surabaya Pasar Turi seharga 120.000

Setelah itu, kamu harus menuju ke Terminal Purabaya (atau lebih bekennya : Bungurasih). Dari Pasar Turi, kamu bisa naik bus Kota. Dari bandara, kamu bisa naik Bus Damri ke Terminal. Dari Terminal Purabaya, langsung aja pilih bus ke Probolinggo, kamu bisa naik Bus Patas dengan tarif 30.000 , atau Ekonomi dengan tarif 15.000-20.000.

Sesampainya di Terminal Probolinggo, kamu harus cari minibus menuju Bromo (bahasa gaulnya : Bison). Bison ini biasa mangkal di luar terminal, dan baru jalan kalau udah penuh. Jadi pak sopirnya bakalan nunggu sampai terisi penuh sekitar 10-15 orang. Biaya per orang 30.000. atau bisa sewa dengan harga 450.000 per kendaraan. Oh ya, Bison ini hanya beroperasi sampai pukul 16.00 saja. Paling pol jam 17.00. Jadi kamu harus sewa ojek ke Cemara Lawang kalau datang lebih malam, tentu dengan biaya lebih mahal Kamu bisa juga ambil Jeep dari Kota Malang, dengan biaya 300.000/ pax termasuk tiket. Kontak : 0899 366 2758/ Pin BB 7452B5B4

Kelebihan:
-Kamu nggak akan secapek naik motor.

Kekurangan :
-Ribet ganti ganti kendaraan.
-Risiko naik kendaraan umum, copet, ngetem, dipalak dll.
-Harus datang sebelum pukul 16.00 agar bisa naik Bison.

AKOMODASI

Ada banyak pilihan menginap di Bromo, mulai dari yang gratis, murah, sampai mahal. Untuk yang gratis, kamu bisa mendirikan tenda di camping ground, atau keleleran di gazebo di Cemara Lawang. Penginapan yang murah ada banyak di Bromo, biasanya homestay dengan kisaran harga 150.000-250.000 per malam. Penginapan di desa yang lebih jauh dari Bromo misal desa Ngadisari, lebih murah dengan harga 200.000-250.000. Sedangkan rate harga hotel di desa Cemara Lawang (paling dekat dengan Bromo) lebih mahal dengan kisaran harga 500.000 ke atas.

Untuk berkeliling taman nasional Bromo Tengger Semeru, ada banyak pilihan yang bisa kamu ambil, berikut pilihannya :
Jeep
4 Lokasi (Penanjakan, Kawah Bromo, Savana, Pasir Berbisik) seharga 650.000 / jeep.
2 Lokasi (Penanjakan, Kawah Bromo) 500.000 / jeep.
Untuk menghemat budget, kamu juga bisa ikut rombongan backpacker lain yang kekurangan penumpang. Kapasitas Jeep adalah 6 orang sehingga akan lebih murah kalau kamu bisa satu rombongan.
Ojek Motor
2 Lokasi (Penanjakan , Kawah Bromo) 150.000/ motor
Perlengkapan yang harus disiapkan ketika ke Bromo 

Perlengkapan dan Pakaian

1. Membawa jaket atau pakaian penahan dingin
Rekomendasi dari saya adalah menggunakan jaket yang mampu menahan hawa dingin, bukan sekedar jaket untuk fashion saja. Membawa beberapa T-Shirt cadangan untuk berjaga-jaga jika menggunakan jaket masih merasa kedinginan, Anda dapat memakai T-Shirt lebih dahulu sebelum menggunakan jaket.

2. Membawa Syal, topi, dan sarung tangan
Apabila jaket dirasa tidak mampu untuk menghangatkan bagian leher. Ada baiknya jika Anda juga membawa syal untuk berjaga-jaga jika leher Anda menggigil. Begitu juga dengan membawa topi dan sarung tangan. Jika Anda tidak mempunyai peralatan seperti ini, tidak perlu merasa khawatir karena di kawasan wisata gunung Bromo terdapat penjual berbagai macam syal, topi, dan sarung tangan, meskipun harganya akan sedikit lebih mahal dari harga biasanya.

3. Menggunakan Sepatu.
Jangan berpikir untuk menggunakan sandal biasa, karena sebagian besar jalan yang akan Anda lewati adalah jalan berbatu dan licin. Menggunakan sepatu boot ataupun sepatu hiking akan jauh lebih berguna daripada menggunakan sepatu sneakers, selain sepatu jenis ini lebih kuat juga mampu melindungi Anda dari cedera.

4. Membawa Lampu Senter / Flashlight.
Jika Anda ingin menikmati indahnya sunrise di puncak bukit, Anda harus memulai pendakian ketika langit masih dalam kondisi gelap gulita. Penerangan dari lampu senter akan dapat membantu Anda menemani perjalanan Anda di jalan yang terjal.

5. Membawa dan Menggunakan Masker.
Kawasan wisata Gunung Bromo lebih cenderung berpasir serta berangin. Dengan adanya masker dapat melindungi hidung dan mulut Anda dari debu dan pasir yang bisa saja menyebabkan batuk dan rasa perih pada tenggorokan.

Makanan serta Minuman

Di kawasan wisata Gunung Bromo, Anda memang akan menemukan cukup banyak warung yang menjual jajanan. Akan tetapi ada baiknya juga jika Anda juga membawa beberapa makanan kecil dan minuman untuk antisipasi rasa lapar dan dahaga, karena harga makanan di kawasan wisata Gunung Bromo relatif lebih mahal.

Uang Secukupnya

Sebaiknya Anda membawa uang secukupnya, jangan membawa terlalu banyak juga jangan sampai kekurangan uang, karena di kawasan wisata Bromo tidak terdapat mesin ATM untuk mengambil uang.


Perlu anda ketahui Gunung Bromo yang sangat menawan sebenarnya tidak hanya menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa, tetapi juga memiliki kisah mistis yang melegenda dan juga sangat sulit diterima nalar. Untuk masyarakat sekitar, Gunung Bromo memang dijadikan sebagai gunung suci dan disakralkan oleh para suku Tengger. Konon, Gunung Bromo ini menjadi tempat persinggahan para dewa pada saat turun ke bumi. Bahkan menjadi tempat persemayaman akhir beberapa dewa, yang mana menjadi rekan saat di Kerajaan Majapahit. Selengkapnya silahkan lihat di Kisah Misteri di Balik Indahnya Gunung Bromo

Harga sewaktu-waktu bisa berubah
Sumber Artikel : 
http://tourtravelbromo.com/jalur-menuju-bromo-dari-malang-surabaya/ 
http://pontinesia.com/featured/cara-backpacker-ke-bromo-buat-kamu-yang-berbudget-minim
http://www.janganlupabahagia.com/2016/03/info-wisata-kawasan-gunung-bromo-malang.html
Tags: #gunung_bromo #bromo #wisata_bromo #wisata_alam_probolinggo #kawah_gunung_bromo  #tips_bromo #tips_perlengkapan_bromo #misteri_gunung_bromo #dibalik_gunung_bromo #harga_tiket_bromo #lokasi_gunung_bromo #lokasi_bromo #rute_bromo #harga_terbaru_masuk_bromo