Indahnya Alun-Alun Batu Malang


Malang selalu menjadi salah satu kota favorit untuk mencari tempat wisata yang santai dan indah untuk teman, pacar, dan keluarga. Bukan hanya wisata alamnya yang banyak, tapi juga wisata buatan. Salah satunya di kota batu terdapat wisata buatan yang murah meriah bahkan gratis. Itu adalah Alun-alun Batu Malang. Banyak wahana permainan dan hasil karya seni unik dipasang di sana. Selain untuk hiburan, pada pagi hari, tempat ini juga biasa digunakan oleh para warga sekitar untuk jogging berkeliling lapangan. Jadi bisa dikatakan bahwa Alun-alun Batu Malang sudah mengintegrasi semua fasilitas rekreasi, edukasi dan juga olahraga.

Anda yang sedang atau ingin berkunjung ke kota Batu Malang untuk berwisata, kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung di tempat ini untuk sekedar melewatkan malam ditemani oleh gemerlapnya lampu warna-warni, air mancur dan beberapa wahana permainan yang ada serta menikmati makan malam bersama dengan orang terdekat Anda.

Lokasi Alun-alun Batu Malang ini berada di Jalan Agus Salim, Sisir, Batu, Kec. Batu, Jawa Timur 65314. Jalan menuju Alun-alun kota Batu mudah ditempuh baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika Anda datang dari luar kota dengan menggunakan kereta api, langsung naik angkutan umum jurusan yang menuju terminal Landung Sari seperti angkutan berkode AL, ADL. Kemudian berganti angkot menuju kota Batu yang berkode BL, BJL dan BTL. Sesampainya di kota terminal Batu, lanjutkan dengan angkutan umum yang menuju Alun-alun Kota Batu.



Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, maka dari kota Malang berkendaralah menuju kota Batu melewati kampus UMM hingga menemukan alun-alun kota Batu. Tapi jika Anda datang pada musim liburan, maka Anda tidak bisa lurus terus, tapi harus berbelok ke kiri di pertigaan menuju ke arah Jatim Park 1 dan Museum Angkut.



Alun-alun Kota Batu bukan hanya indah, namun juga lengkap dengan segala fasilita dan wahananya. Hal ini menjadikan Alun-alun Kota Batu menjadi spot wisata yang tak salah untuk anda kunjungi. Beberapa fasilitas dan wahana yang ada di Alun-alun kota Batu Malang antara lain:


  1. Wahana Permainan.
    Alun-alun kota Batu menjadi alun-alun satu-satunya di Indonesia yang mempunyai wahana permainan seperti Bianglala dengan harga tiket hanya sekitar Rp.3000,- saja. Dari bianglala ini, pada saat berada di atas, kita bisa melihat pemandangan di sekitar Alun-alun kota Batu yang cukup menakjubkan. Selain bianglala, terdapat juga wahana permainan untuk anak-anak seperti ayunan, prosotan, kuda-kudaan dan mainan lainnya serta beberapa patung binatang dengan design lucu agar mudah disukai pengunjung terutama anak-anak.
  2. Pusat Informasi.
    Jika Anda ingin mengetahui agenda wisata apa saja yang akan digelar di kota Batu dalam waktu dekat, maka Anda bisa mengunjungi bangunan yang berbentuk apel yang berada di sudut alun-alun dekat dengan air mancur.
  3. Toilet Umum.
    Anda juga tidak perlu khawatir jika ingin ke toilet karena di sana juga disediakan toilet umum untuk para pengunjung di bangunan yang berbentuk buah apel yang terdapat persis di sebelah pusat informasi.
  4. Kuliner.
    Di alun-alun Banyak warung makan terutama di malam hari. Ada satu tempat yang cukup terkenal di sana yaitu Depot Susu Ganesha Batu ini sendiri terletak di seberang Alun Alun Kota Batu. Di depot Susu ini Anda bisa menikmati berbagai macam olahan susu sapi murni seperti Susu Hangat, Susu Jahe, Susu Madu, Susu Telor ataupun kombinasi dari menu-menu tersebut. Atau Anda juga bisa menikmati olahan ketan dengan dipadu berbagai macam campuran seperti keju, susu, kelapa, meises dan lain sebagainya di Pos Ketan Pojok Alun-alun (Pak Poer).
  5. Hotel dan Penginapan
    Kita tidak akan kesulitan menemukan hotel di dekat alun-alun kota Batu. Di antara hotel yang berada di sekitar alun-alun Batu adalah Hotel Panderman, Baru Inn Hotel dan Hotel Arjuna. Untuk melihat daftar hotel beserta harganya di sekitar kota Batu, silahkan masukkan kata kunci: “Batu Malang” pada kolom pencarian di bawah ini. Jangan lupa juga untuk memasukkan tanggal check in dan check outnya.
*Harga Bianglala bisa berubah sewaktu-waktu

Sumber Artikel: 
http://wisatapedi.com/hotel-dekat-alun-alun-batu-malang-tempat-nongkrong-asyik-malam-hari/
https://direktori-wisata.com/wisata-alun-alun-kota-batu-malang/