Wisata Air Terjun Kakek Bodo - Pasuruan - Lokasi - HTM

Wisata Air Terjun Kakek Bodo merupakan sebuah air terjun setinggi 40 meter yang berada di lereng Gunung Arjuno, dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pasuruan. Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan, wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan dapat menyaksikan pemandangan alam dengan hamparan pepohonan yang sangat memukau.


Air Terjun Kakek Bodo Tretes, Prigen, Pasuruan


Banyak sekali wisata alam di jawa timur yang perlu anda kunjungi. Jika anda mau meng-explore lebih dalam, anda akan melihat bahwa Jawa Timur tidak hanya memiliki banyak pantai saja, melainkan banyak wisata menarik yang layak untuk dikunjungi, seperti theme park, gunung, Air terjun dan salah satunya yaitu Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Tretes, Prigen, Pasuruan ini.

Sumber air terjun Kakek Bodo berasal dari Sungai Kaligetik. Tepat dibawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, kolam yang berada tepat dibawah deburan air terjun ini menjadi tempat yang tak terlewatkan, baik sebagai tempat untuk mandi maupun berfoto.

Fasilitas yang tersedia di wisata Air Terjun Kakek Bodo ini juga cukup memadai membuat wisatawan dapat lebih leluasa dalam menikmati liburannya. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain;
  • Musholla
  • Kolam Renang
  • Taman bermain anak
  • Kios
  • Shelter
  • Toilet
Wisatawan harus memarkirkan kendaraan nya tepat di pintu gerbang menuju lokasi sebelum menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo, karena akses jalan tidak memungkinkan. Setelah memarkirkan kendaraan nya, wisatawan dapat melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun. Perjalanan tersebut kurang lebih memakan waktu 1 jam. Meskipun harus berjalan kaki sejauh 1 km, wisatawan tidak perlu khawatir karena akses jalan cukup bagus. Dan ditengah perjalanan, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang yang mempesona.

Legenda /  Asal Usul Air Terjun Kakek Bodo


Dibalik keindahan dan eksotisme yang dimilikinya, air terjun ini juga memiliki kisah yang cukup melegenda. Dikisahkan, pada jaman dulu kala, ada seorang lelaki tua yang mengabdikan hidupnya kepada sebuah keluarga belanda yang kaya raya. Pada suatu hari, sang kakek tersebut memutuskan untuk bertapa di hutan belantara, tepatnya di sebuah air terjun. Sang kakek bertapa karena ingin melupakan semua hal yang bersifat duniawi.


Karena keputusan nya tersebut, orang belanda yang selaku mantan majikan nya menyebut sang kakek sebagai “Kakek Bodoh”. Sudah diberi fasilitas, gaji yang cukup, dan tinggal di tempat yang enak, tetapi sang kakek malah memilih bertapa di tengah hutan belantara. Namun tidak disangka, dengan bertapa di air terjun tersebut, sang kakek mendapatkan sebuah kesaktian. Dengan kesaktian yang didapatkan nya, sang kakek menggunakannya untuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.
Itulah sekelumit kisah yang menjadi latar belakang asal usul nama Air Terjun Kakek Bodo ini.

Makam Kakek Bodo


Selain menyaksikan deburan air terjun dan panorama disekelilingnya, wisatawan juga berkesempatan menyaksikan secara langsung Makam tempat Jasad Kakek Bodo dikebumikan, dan tidak sembarang orang bisa masuk ke tempat tersebut.



Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan


Untuk datang ke wisata alam ini anda tidak perlu menyiapkan uang banyak. Tiket masuk wisata Air Terjun Kakek Bodo sangat murah. Biaya yang harus dikeluarkan ketika berkunjung ke wisata ini antara lain;
  • Tiket Masuk orang dewasa (diatas 10 thn) : Rp. 10.000
  • Anak anak dibawah 10 thn: gratis
  • Biaya parkir kendaraan : Rp. 5.000
Dengan harga yang begitu murah, wisatawan dapat berlibur bersama rombongan tanpa dipusingkan dengan harga tiket masuk.

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan

Lokasi Air Terjun Kakek Bodo terletak kurang lebih 60 km dari pusat Kota Surabaya, dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan apabila berangkat dari Bandara Juanda. Namun apabila berangkat dari Pusat Kota Pasuruan, tentu perjalanan yang di tempuh akan lebih dekat. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Kakek Bodo ini berada di Jln. Taman Wisata, No 541, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

*Harga 2016 - harga bisa berubah sewaktu-waktu
Sumber Artikel: 
http://www.tabloidwisata.com/air-terjun-kakek-bodo-pasuruan/

Tags: #air_terjun_kakek_bodo #kakek_bodo_pasuruan #air_terjun_pasuruan #wisata_pasuruan #harga_tiket_air_terjun_kakek_bodo #harga_terbaru_air_terjun_kakek_bodo #lokasi_air_terjun_kakek_bodo